• TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 3 (2019)

    TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA kali ini merupakan edisi khusus yang menerbitkan artikel-artikel bertema budaya. Beberapa artikel yang dimuat ini diangkat dari karya-karya skripsi mahasiswa yang telah meneyelesaikan kuliah pada Program Studi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Makassar (UNM). Hasil-hasil penelitian tersebut selain menjadi bacaan dan referensi bagi kalangan mahasiswa yang meneliti permasalahan atau topik sejenis, juga diharapkan dapat menjadi bahan untuk studi lebih lanjut serta kajian mendalam terhadap topik-topik tersebut.

    Selamat Membaca dan Salam Budaya,

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 3 No 2 (2019)

    TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA pada edisi ini kembali menerbitkan artikel-artikel bertema budaya meliputi ritual, tradisi, pariwisata, budaya kerja, ekonomi dan pembangunan serta lainnya. Beberapa artikel yang dimaksud seperti: etos kerja Orang Jawa, eksistensi pengobatan tradisional, dangdut sebagai media kampanye, obyek wisata religi, konflik sosial, perkawinan Suku Makassar, tradisi Komomose di Buton, moral ekonomi petani, ritual kematian,  serta nilai-nilai moral dalam tradisi.

    Beberapa topik dari sejumlah artikel ini dapat dijadikan tidak hanya sebagai bacaan singkat bagi kalangan pecinta dan pemerhati budaya, tetapi lebih jauh dapat dikembangkan menjadi riset yang lebih dalam dan luas. 

    Selamat membaca dan mari merawat tradisi!!!

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 3 No 1 (2019)

    TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA pada edisi ini memuat artikel-artikel bertema sejarah seputar kejadian-kejadian penting periode kontemporer. Bangsa Indonesia yang telah memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, tidak serta merta terbebas dari berbagai problema sosial kebangsaan. Sebaliknya, sejarah bangsa Indonesia kemudian dihadapkan pada berbagai fakta kontroversial yang sempat mengusik dan merongrong institusi negara. Membaca berbagai artikel yang dimuat pada jurnal ini, membelajarkan kita akan berbagai peristiwa kontroversial dan ironik di tanah air Indonesia. Dengan demikian, artikel-artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bacaan bagi kalangan mahasiswa khususnya jurusan sejarah serta tentu saja juga bagi kalangan umum.

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 2 No 3 (2018)

    TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA  pada edisi ini kembali hadir mempersembahkan kepada pembaca aneka artikel bertema warisan budaya yang dikaji dari sudut pandang antropologi. Membaca ragam artikel yang diolah dari hasi penelitian ini, akan menambah khasanah pengetahuan kita tentang hakikat pelaksanaan ritual dan nilai-nilai yang dikandungnya pada berbagai daerah atau suku bangsa di Indonesia. Bahkan selain dapat dijadikan sebagai referensi bagi pembaca, berbagai artikel bertema budaya ini sekaligus mengukuhkan betapa masyarakat Nusantara kaya akan warisan budaya dalam wujud tradisi. Setidaknya, proses penemukenalan kembali aneka produk budaya melalui membaca artikel-artikel ini secara fungsional merupakan salah satu strategi menjaga eksistensi dalam rupa sosialisasi atau mengakrabkan kembali dengan masyarakat pendukung tradisi tersebut serta pihak-pihak lainnya agar tetap sadar budaya.

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 2 No 2 (2018)

    TEBAR SCIENCE [Jurnal Kajian Sosial & Budaya] edisi ini menghadirkan artikel-artikel bertema sejarah yang diangkat dari berbagai hasil penelitian. Berbagai judul yang memotret sisi kelampauan peristiwa dan realitas sosial-politik masyarakat Sulawesi Selatan tersebut, diharapkan dapat menjadi bacaan berharga dan berkontribusi terhadap pengayaan khasanah pengetahuan Sejarah Lokal. Selain itu, tulisan-tulisan ini dapat dijadikan referensi khususnya kalangan mahasiswa yang mempelajari historiografi Indonesia khususnya di tingkat lokal Sulawesi Selatan.

    Satu hal menarik dan hal baru yang Tebar Science persembahkan kepada para pembaca mulai edisi ini yakni tinjauan/kajian buku. Dengan demikian, pada edisi terbitan berikutnya para penulis dapat menawarkan tulisan yang merupakan kajian analitik atas isi suatu buku. 

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 2 No 1 (2018)

    TEBAR SCIENCE [Jurnal Kajian Sosial & Budaya] pada edisi ini menghadirkan tema budaya yang diangkat dari berbagai hasil penelitian. Era modern yang ditandai hijrahnya perhatian dan minat masyarakat ke produk budaya asing, menjadikan tema-tema budaya nasional menjadi urgen diungkapkan. Membaca artikel-artikel pada edisi kali ini memberikan khasanah pengetahuan penting kaitannya dengan produk budaya Nusantara sebagai kekayaan bangsa yang harus dilestarikan. Proses ini hanya dapat terjadi melalui upaya menemukenali kembali aneka produk dan warisan budaya bangsa melalui pengadaan bahan bacaan yang diangkat dari hasil-hasil penelitian.

  • TEBAR SCIENCE: JURNAL KAJIAN SOSIAL & BUDAYA
    Vol 1 No 1 (2017)

    TEBAR SCIENCE [Jurnal Kajian Sosial & Budaya] pada edisi perdana ini menerbitkan sejumlah artikel khusus bertema sejarah, dengan spesifikasi kajian tentang hegemoni ruang, kekuasaan/pemerintahan, pergolakan, corak historiografi, dan perjuangan membela Indonesia. Membaca beberapa artikel yang mengkaji sejarah lokal tersebut, mengajak dan membawa kita berziarah ke masa lampau Sulawesi Selatan lalu mengenalkan kita banyak hal antara lain corak dan sistem pemerintahan lokal. Demikian pula membaca artikel tentang Historiografi Annales, mengenalkan atau (mungkin) menyegarkan ingatan kita tipe/corak penulisan sejarah serta sejarah penulisan sejarah.   

1 - 7 of 7 items